Dinas PPPA Madina Segera Lakukan Trauma Healing Kepada Korban Kekerasan Anak

IMG 20210923 WA0025

Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak Efrida Nasution, SP. (Foto:MS)

bbnewsmadina.com, Dalam satu Bulan (September) ini telah terjadi 3 Perkara Kekerasan Kepada Anak Bawah umur di Kabupaten Mandailing Natal, sehingga menodai predikat Kabupaten Layak anak di Kabupaten Mandailing Natal, dari Ke 3 Perkara itu 2 diantaranya telah ditangani Pihak Kepolisian Polres Mandailing Natal dan 1 Perkara belum ada laporan ke pihak kepolisian dan Dinas PPPA Kabupaten Mandailing Natal.

Atas adanya kejadian Kekerasan terhadap Anak Bawah umur Kepala Dinas Pemberdayan Perempuan Dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Mandailing Natal Ir. Donna Dameria Hasibuan yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak Efrida Nasution, SP, Kamis (23/09/2021) di ruang kerjanya di Komplek Perkantoran Paya Loting Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan, menyampaikan, bahwa Dinas PPPA sudah berkordinasi dengan Pihak Kepolisian Polres Madina dalam hal ini Unit PPA, dalam hal ini Dinas PPA akan segera melakukan Trauma Healing terhadap Korban Kekerasan.

Efrida Nasution SP lebih Lanjut mengatakan, untuk penanganan psikologi Anak Korban Kekerasan Dinas PPPA terlebih dahulu melihat kondisi trauma anak maka untuk tahap pertama akan turun Fsikolog dari Dinas PPPA Kabupaten Mandailing Natal apabila tingkat trauma anak korban kekerasan itu tinggi maka Dinas PPPA Mandailing Natal juga telah berkordinasi dengan Dinas PPPA Provinsi Sumatera Utara guna meminta Penanganan Fsikolog yang lebih Intens. Itulah yang akan kita lakukan terhadap Korban Penganiayaan di Natal.

“Sementara untuk Korban kekerasan Sexsual yang terjadi di Kelurahan Sipolu-polu Dinas PPPA Kabupaten Mandailing Natal pada hari Kamis (23/09/2021) telah mendampingi Korban untuk di Visum di RSUD Panyabungan, tadi saya sudah dampingi Korban untuk di Visum bersama Pihak Kepolisian dari Unit PPA Polres Madina,” ungkapnya.

Seterusnya Kabid PHPPKA mengatakan, Dinas PPPA Madina juga akan melakukan trauma healing terhadap korban agar fsikologi anak menjadi baik sehingga tidak menjadikan anak bermasalah dengan kejadian yang dialami.

Pada kesempatan ini Efrida Nasution SP juga menyampaikan harapan dan Pesan Kepala Dinas PPPA Kabupaten Mandailing Natal kepada Masyarakat agar selalu meningkatkan perhatian dan Pengawasan kepada Anak, agar kedepan kejadian serupa tidak terulang lagi, dan berharap kepada seluruh elemen Masyarakat untuk meningkatkan perhatian kepada Lingkungan sekitar khususnya terhadap Anak di Bawah Umur, dan jika menemukan tindak kejahatan terhadap Anak di Bawah Umur segeralah melaporkannya kepada Aparatur Desa dan Pihak Kepolisian agar dapat ditangani dengan cepat dan tidak menjadi perbuatn yang berulang-ulang. (MS)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)