Geger..!! Ratusan Warga Kelurahan Kayu Jati Di Suntik Vaksin

IMG 20191212 215153

Salah satu warga Kelurahan Kayu Jati disuntik Vaksin untuk mencegah terinfeksi wabah penyakit Difteri, Kamis (12/12). (Foto:DN)

bbnewsmadina.com, Warga kelurahan kayu jati panyabungan kabupaten Mandailing Natal sontak digegerkan dengan wabah penyakit Difteri, Kamis (12/12).

Dimana salah satu anak, warga Kelurahan Kayu Jati terinfeksi Wabah bakteri penyakit Difteri, atau Corynebacterium diphtheria.

Fatimah Azzahra Balita umur 6 (enam)  tahun diduga terinfeksi wabah bakteri  Saat ini balita tersebut sudah dirujuk kerumah sakit Adam Malik Medan.

Dimana sebelumnya fatimah mengalami demam dan susah bernafas, sakit pada tenggorokan. Awalnya, orang tua fatimah membawa fatimah berobat ke Puskesmas, Setelah dilakukan pemeriksaan oleh bidan, ternyata fatimah terinfeksi wabah bakteri. pihak puskesmas langsung merujuk pasien kerumah sakit Umum Daerah Panyabungan guna penanganan lebih lanjut.

Mengingat peralatan dan SDM nya kurang memadai di Rumah sakit tersebut, sehingga pihak rumah sakit merujuk pasien kerumah sakit Adam Malik Medan guna penaganan yang lebih intensif.

Berselang Satu Malam kakak dari fatimah yaitu Aira safina umur 10 tahun juga mengalami hal yang sama sehingga paginya harus dilarikan kepuskesmas dan dirujuk kerumah sakit, dan saat ini aira dalam penanganan Dokter dan ditempatkan diruangan khusus demi menjaga agar wabah penyakit Difteri tidak menjangkit kepasien yang lainnya.

Mendengar hal tersebut, Kadis kesehatan Madina Syarifuddin Nasution mengintruksikan kepada pihak puskesmas untuk memberikan Vaksin kepada warga disekitaran rumah pasien.

Kadis Kesehatan Madina Syarifuddin Nasution melalui Kepala Puskesmas Panyabungan Yuhlida Nehri Lubis mengatakan, pihaknya memberikan suntikan vaksin kepada ratusan warga Kelurahan Kayu Jati yang ada disekitaran Rumah pasien tidak terlepas mulai anak anak hingga orang dewasa demi untuk mengantisipasi warga agar tidak ada yang terinfeksi wabah penyakit Difteri tersebut.

“Dimana salah satu warga kelurahan Kayu Jati yang bernama Fatimah Azzahra anak berumur enam Tahun yang terinfeksi penyakit tersebut, setelah dirawat dirumah sakit umum selama kurang lebih 6 jam, pihak rumah sakit menyarankan juga untuk dirujuk kerumah sakit Adam malik medan dengan alasan serupa bahwa SDM dan peralatan Rumah sakit kurang memadai.”

Beliau juga mengharapkan, Jika ada warga yang mengalami tanda tanda terinfeksi, segera kerumah sakit untuk diberikan penanganan secepatnya,” ujar Yuhlida. (DN)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)