Gubernur Sumut & Forkopimda Tinjau Lokasi Bencana Alam Tanah Longsor di PLTA Batang Toru

IMG 20200904 WA0001

 

IMG 20210502 WA0040

Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Bupati Tapsel H.Dolly Pasaribu tinjau Lokasi bencana alam tanah longsor di PLTA Batangtoru, Minggu (2/5). Foto:Ty

bbnewsmadina.com, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi, bersama Kapoldasu Irjen Pol Drs.RZ.Panca Putra Simanjuntak, MSi, dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM, Kabinda Sumut Brigjen TNI Asep Jauhari Puja Laksana beserta rombongan meninjau lokasi bencana alam tanah longsor di PLTA Batang Toru, Kecamatan Marancar, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (2/5).

Rombongan tiba dengan menggunakan Helikopter milik Polda Sumatera Utara BEL-429/P-3203, yang disambut langsung oleh Bupati Tapsel, H.Dolly Pasaribu, SPt, MM, dan Forkopimda di antaranya, Danrem 023/Kawal Samudra (KS) Kolonel (Inf) Febriel B Sikumbang, SH, MM, Dandim 0212/Tapsel Letkol (Inf) Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kapolres Tapsel AKBP Roman S Elhaj, SH SIK MH, beserta Danyon C Sat Brimob Polda Sumut Kompol Buala Zega.

Kunjungan diawali dengan pemeriksaan posko-posko penanggulangan bencana seperti, posko kesehatan dan informasi serta posko TNI-Polri, Brimob, BPBD maupun Basarnas. Rombongan juga meninjau beberapa prasarana penunjang yakni, mobil dapur umum, mobil toilet umum, mobil serbaguna, mobil tangki air dan mobil rescue.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0212/TS memaparkan kepada rombongan terkait kronologis kejadian serta langkah-langkah yang telah dilaksanakan sejak hari Kamis (29/4) sekitar pukul 18.30 WIB.

Dandim menjelaskan, seusai kejadian dilaksanakan rapat antara Forkopimda dan pihak PT North Sumatera Hydro Energy (NSHE) tentang rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam upaya pencarian maupun evakuasi korban bencana.

Dandim juga memaparkan bahwa Jumat (30/4) sekitar pukul 08.30 WIB, petugas telah menemukan 3 jenazah korban yang dalam keadaan meninggal dunia serta telah dievakuasi menggunakan ambulans menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sipirok untuk di otopsi. Dan pada jumat (1/5), ketiga jenazah telah dimakamkan di pemakaman kristen Desa Pangurabaan, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Lebih lanjut, Dandim menyebutkan bahwa pada hari ini, telah ditemukan kembali 2 jenazah korban tanah longsor. 2 jenazah korban itu ditemukan tepatnya di Desa Muara Hutaraja, Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapsel. Terhadap kedua jenazah korban itu, langsung dievakuasi menggunakan ambulans ke RSUD Sipirok.

“Setelah dilakukan proses otopsi dan pembersihan, rencananya hari ini juga jenazah akan langsung diberikan kepada pihak keluarga,” terang Dandim.

Sementara itu, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, dalam arahannya menyampaikan harapannya agar pencarian korban lainnya yang tertimbun longsor dapat dilaksanakan secara optimal dan terpadu serta melibatkan pemerintah provinsi maupun daerah dan TNI-Polri atau Basarnas. Dalam bertugas, Gubernur mengingatkan agar tetap memperhatikan keselamatan tim evakuasi.

“Karena melihat situasi, kondisi, dan medan yang masih rawan terjadi bencana di sini,” ungkap Gubernur.

Gubernur juga meminta agar semua unsur terkait dapar bersinergi dalam melakukan evakuasi, dengan menggunakan alat-alat yang diperlukan untuk dioperasionalkan secara profesional oleh yang berkompeten, dan tidak memaksakan diri jika memang situasi di tempat, tidak memungkinkan untuk dilakukan evakuasi.

IMG 20210502 WA0037

Kepada tim yang bertugas, Edy meminta agar menegaskan status area yang terjadi bencana alam longsor sesuai aturan. Edy mengatakan, saat ini sedang dalam suasana bulan Puasa, untuk itu tim diminta bersabar dalam bertugas. Edy mengajak agar sama-sama berdoa dan berusaha demi lancar dan amannya proses kegiatan evakuasi.

“Ke depan, tim evakuasi di lapangan agar selalu memberikan informasi perkembangan di lapangan kepada saya,” pinta Gubernur. Setelah selesai melakukan peninjauan, Gubernur Sumut bersama rombongan meninggalkan lokasi tanah longsor.

Turut mendampingi Bupati, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten Administrasi Umum Ahmad Buchori Siregar, Kaban Kesbangpol Hamdy S Pulungan, Kadis PP dan KB Ahmad Ibrahim Lubis, Kadis Lingkungan Hidup Sahrir Siregar, Kadis Ketenagakerjaan Arman Pasaribu, Kadis Perumahan dan Permukiman Harpan Siregar, Ka. BKD Ahmad Suaib Harianja dan Kabag Humas & Protokol Isnut Siregar. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)