Halangi Tugas Wartawan Diancam Penjara 2 Tahun, Denda Rp500 Juta

Hukum Pers, Penghalangan Tugas Wartawan, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Ancaman kepada Wartawan, Laporan ke Polisi
Pengamat hukum, praktisi hukum, pengacara senior Ridwan Rangkuti, SH, MH.

bbnewsmadina.com – Madina, Profesi wartawan profesi mulia, karena tugas wartawan memberikan dan menyebarluaskan informasi dan pencerahan kepada masyarakat berdasarkan keterangan, fakta dan data diperoleh dari narasumber.

viral : Kehebohan Pemanggilan ASN dan Ancaman Pidana UU KIP: Inspektorat Dalam Sorotan

Pernyataan ini disampaikan pengamat hukum, praktisi hukum dan pengacara senior Ridwan Rangkuti, SH, MH kepada wartawan ketika dihubungi melalui saluran telepon seluler, Rabu (31/05/2023)

Dijelaskannya, aparatur pemerintah atau siapapun dengan sengaja menghalangi wartawan atau jurnalis menjalankan tugasnya dalam mencari, memperoleh dan menyebarluaskan informasi dapat dikenakan pidana sebagaimana diatur pasal 18 ayat (1) UU nomor 40 tahun 1999 tentang pers.

viral : PWI Dan SMSI Protes Keras Kepala Inspektorat Madina

“Bunyinya, setiap orang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp500 juta,” ujar Ridwan Rangkuti.

Di sisi lain, ujar penasehat Peradi Tabagsel ini, setiap orang diminta keterangan oleh wartawan berkaitan dengan informasi patut diketahui oleh orang tersebut, wajib memberikan keterangan sepanjang dibenarkan oleh peraturan perundang-undangan.

viral : Inspektur Madina Membuat Teriakan: Beritakan Setiap Hari, Tunggu di Dewan Pers!

“Kecuali karena sifatnya masih dirahasiakan dan tidak boleh dipublikasikan seperti perkara masih dalam penyelidikan,” ujar Ridwan Rangkuti.

Dikatakan, jika benar wartawan menjalankan tugas kewartawanan mendapat ancaman ataupun pelayanan tidak baik dari narasumber dengan sengaja, maka dapat dilaporkan ke pihak kepolisian. (TIM)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)