Ibu Ketua TP-PKK Hadiri Sosialisasi & Iva Test

Panyabungan|BBNewsmadina.com

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution Menghadiri Acara Sosialisasi dan Pemeriksaan Iva Test di Puskesmas Panyabungan Jae Selasa, 25 April 2017.

Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny Ika Desika Dahlan Hasan hmenyampaikan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat berbagai program dilaksanakan dan salah satunya adalah Program Peningkatan Pencegahan dan Deteksi Kanker pada Kaum Perempuan. Lebih lanjut disampaikan, bahwa sebagaimana diketahui bersama baik melalui data kesehatan ataupun media informasi kesehatan, penderita kanker mulut rahim/serviks dan kanker payudara berada pada urutan teratas pada perempuan Indonesia.

Mengingat resiko yang begitu besar Ketua TP PKK mengingatkan kita semua terutama kepada ibu – ibu untuk selalu memperhatikan dan menjaga kesehatan diri, karena kalau sehat semua aktifitas rumah tangga maupun diluar rumah akan bisa dikerjakan dengan lancar. Begitu juga sebaliknya bila sakit maka semua aktifitas akan terhenti, artinya kalau kita sayang kepada diri dan keluarga maka kita harus sehat. Seterusnya diajak kepada kaum ibu agar datang ke puskesmas yang ada diseluruh kecamatan untuk melakukan pemeriksaan Iva Test oleh dokter atau tenaga medis dan diharapkan juga ikut mensosialisasikan dan mengajak sanak keluarga dan seluruh masyarakat untuk membiasakan hidup bersih dan berperilaku cerdik agar terhindar dari berbagai penyakit terutama kanker. Kemudian yang paling penting adalah mendidik mengasuh dan mengawasi anak remaja putri kita agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas (free seks) pra nikah yang sangat beresiko terkena kanker mulut rahim/serviks.

Ibu Ketua TP-PKKDiakhir acara ibu ketua TP PKK beserta rombongan meninjau ruangan pemeriksaan Iva Test yang berada di puskesmas Panyabungan Jae.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Unit BPJS Panyabungan dan Ketua TP PKK Kecamatan Panyabungan. (davy)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)