Kadis LH Syahrini “Tuai Sampah” Sidimpuan

bbnewsmadina.com, Kota Padangsidimpuan hari terakhir ini mempertontonkan sampah yang berserakan dimana mana dengan  aroma bau dan busuk. Sejak Sabtu, (24/27/3) sampah tidak diangkut Dinas Lingkungan Hidup setempat.

Syarifuddin Siregar pemilik lahan tempat pembuangan akhir (TPA) di Batu Bola, Kec. Sidimpuan Batunadua menolak sampah dibuang di area lahan pribadinya itu.

Alasannya, Pemko Padangsidimpuan yang diwakili Sekretaris Daerah Zulfeddi Simamora dan Kadis Lingkungan Hidup Syahraini Lubis telah mengingkari kesepakatan yang dibuat bulan lalu.

Syarifuddin Siregar yang juga Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Tapanuli Selatan mengatakan, ia larang tanahnya dijadikan pembuangan sampah karena ditipu dan dibohongi Sekda Zulfeddi Simamora dan Kadis LH Syahraini Lubis. Kesepakatan tersebut antara lain pemko berjanji membeli atau menyewa tanah Syarifuddin Siregar tapi tidak ada tindak lanjutnya

Dijelaskannya, Sepeserpun ia tidak pernah meminta atau menerima uang dari pemakaian lahan itu, “Bahkan kebun karet saya rusak akibat semakin padat dan lebarnya timbunan sampah,” keluhnya.

Di awal tahun 2018 ini, ia mendapat kabar bahwa Dinas Lingkungan Hidup Pemko Padangsidimpuan akan memindahkan lokasi pembuangan sampah ke daerah Balakka Sipunggur.

Informasi yang ia peroleh, tanah itu dibeli secara pribadi oleh Yusuf Nasution, Wakil Ketua DPRD Padangsidimpuan yang juga suami Kadis Lingkungan Hidup Syahraini Lubis. Selanjutnya akan dijual ke Pemko untuk dijadikan TPA sampah.

Akhir Februari Syarifuddin Siregar mendengar informasi bahwa Dinas Lingkungan Hidup segera mengalihkannya ke Balakka Sipunggur.

“Saya takut setelah pemindahan lokasi pembuangan, tanah saya akan dibiarkan tertimbun ribuan ton sampah. Makanya untuk menghindari semakin banyaknya sampah itu, saya larang sampah dibuang ke sana,” katanya.

Karena adanya pelarangan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup mulai mengalihkan pembuangan sampah se Kota Sidimpuan ke Balakka Sipunggur. Entah apa penyebabnya, dalam 4 hari belakangan ini tumpukan sampah ada dimana mana.

Sultony Siregar perwakilan Bona Bulu News Kota Padangsidimpuan saat berada di Kantor Camat Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Rabu (28/03) bertemu dengan Sekretaris Lingkungan Hidup seraya menampakkan status Facebook yang berisikan “komentar ibu ibu jalan Ks.Tubun pagi ini, pataru tu alaman bolak sarop mi”. Yang artinya kira kira demikian ( antar ke alun alun alaman bolak sampah mu itu ) Namun Sekretaris Lingkungan Hidup Kota Padangsidimpuan hanya diam memandangi koment koment status tersebut.(Ty)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iklan-perizinan

 

iklan-kb

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)