Panen Perdana Bawang Merah, Wali Kota Irsan Efendi Nasution Akan Terus Mendorong Para Petani Melakukan Pertanaman

FB IMG 1666892932506
Wali Kota bersama Wakil Wali Kota Padang Sidempuan saat panen perdana bawang merah di Desa Tinjoman, Kamis (27/10/22). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Di luas lahan 600 m2, yang diperkirakan hasil panen akan mencapai 1,1 ton, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH. MM melakukan panen perdana bawang merah di Desa Tinjoman, Kecamatan Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kamis (27/10/22).

Kegiatan panen perdana ini, Wali Kota Padang Sidempuan didampingi oleh Wakil Wali Kota, Kadis Pertanian, Kadis PMD, Camat Padang Sidempuan Hutaimbaru, Kepala Desa Tinjoman, serta undangan lainnya.

Kepala Desa Tinjoman Sayfril Efendi Tanjung mengucapkan selamat datang kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota di saba Tonga Desa Tinjoman dalam rangka panen perdana bawang merah.

“Selamat datang kepada bapak Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH. MM dan bapak Wakil Wali Kota Ir. H. Arwin Siregar, MM bersama rombongan di saba Tonga di Desa Tinjoman dalam rangka panen perdana bawang merah.”

IMG 20221025 WA0002

“Kami warga Desa Tinjoman masih tahap belajar mengenai penanaman bawang merah ini, makanya lahan yang disiapkan tidak begitu luas, dan setelah melihat hasil panen ini begitu menjanjikan di masa depan kami berjanji tahun depan akan menyiapkan lahan yang luas lagi dalam penanaman bawang merah ini,” ungkapnya.

Kepala Desa pun menjelaskan bahwa pertanaman bawang merah ini merupakan suatu upaya dari Desa Tinjoman untuk mencegah inflasi Daerah.

“Pertanaman bawang merah ini merupakan suatu langkah dari Desa Tinjoman untuk mencegah inflasi, dan anggaran pertanaman bawang merah ini bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2022,” jelasnya.

Sedangkan Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution, SH. MM pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa potensi pasar bawang merah di Kota Padang Sidempuan masih begitu menjanjikan.

“Potensi pasar bawang merah di Kota Padang Sidempuan masih begitu menjanjikan, sehingga saya sebagai Kepala Daerah akan terus mendorong para petani untuk terus melakukan pertanaman.”

“Disamping hasilnya begitu menjanjikan untuk kesejahteraan para petani, pertanaman ini juga sebagai salah satu langkah dalam menjaga inflasi Daerah,” ujar Irsan.

Beliau juga mengharapkan melalui kegiatan panen perdana ini semangat berkebun bawang merah ini bisa di contoh oleh Desa – Desa lainnya.

“Saya berharap melalui kegiatan hari ini, semangat berkebun bawang merah bisa muncul di Desa – Desa lainnya di Kota Padang Sidempuan ini, karena bawang merah ini merupakan komoditas dengan profit yang menjanjikan,” jelas Wali Kota.

Sementara Kadis Pertanian Kota Padang Sidempuan Edi Darwan merasa puas dengan hasil panen perdana bawang merah kali ini.

“Kita lihat pada panen kali ini bawang merahnya begitu besar – besar dan sangat memuaskan bisa di kategorikan sebagai grade A, hal tersebut di karenakan Desa Tinjoman memiliki iklim yang mendukung karena berada di dataran tinggi, dan saya berharap kedepannya semakin banyak petani yang melakukan pertanaman bawang merah, sehingga nantinya Kota Padang Sidempuan bisa surplus bawang merah,” ucapnya. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)