Pemko Padang Sidempuan Gercep Tangani Neni Sakdiah

IMG 20220228 WA0017

Tim medis Puskesmas Batunadua yang langsung turun ke lokasi, untuk memeriksa Neni Sakdiah yang didiagnosa menderita infeksi payudara (suspec cancer mammae). (Foto: istimewa)

bbnewsmadina.com, Menerima informasi ada warga yang sakit parah dan tak punya biaya untuk berobat, Pemko Padang Sidempuan melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Rumah Sakit Umum Daerah langsung bergerak cepat menanganinya.

“Ibu Neni Sakdiah, warga Kelurahan Batunadua Jae yang dikabarkan mengalami infeksi payudara, sudah kita rujuk ke rumah sakit,” kata Kadis Kesehatan Sopian Subri kepada wartawan, Senin (28/2/2022).

Dijelaskannya, berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis Puskesmas Batunadua yang langsung turun ke lokasi, Neni Sakdiah didiagnosa menderita infeksi payudara (suspec cancer mammae).

Tim tersebut terdiri dari Kepala Puskesmas Batunadua Elinda Tarigan, dr. Miftahul Miskiyah Hasibuan dibantu tiga orang tenaga kesehatan dan didampingi Kepala Lingkungan 2 serta Kader Posyandu Batunadua Jae.

Hotman Alamsyah suami Neni Sakdiah menceritakan, istrinya sudah setahun lamanya mengalami kelainan di payudara. Tetapi karena tidak terasa sakit, istrinya mengabaikan itu dan tetap bekerja seperti biasa.

Sebulan yang lalu, istrinya mulai merasakan sakit dan berobat ke bidan. Untuk berobat ke dokter, mereka tidak punya biaya yang cukup dan kartu BPJS juga tidak ada.

Dr. Miftahul memeriksa kondisi Neni yang pusing dan radang payudara. Tensi darah 110 per 80, suhu tubuh 38 derajat celcius, detak nadi 80 kali per menit, frekuensi nafas 20 kali per menit, berat badan 40 kilogram dan sudah empat hari tidak buang air besar.

Selanjutnya, Puskesmas Batunadua merujuk Neni Sakdiah ke RSUD Padang Sidempuan dengan didampingi Bidan Fatma Wati Hasibuan dan keluarga pasien.

IMG 20220228 WA0015

Di RSUD Padang Sidempuan, pasien ditangani dan dinyatakan harus dirujuk ke Medan. Namun karena ketiadaan biaya dan kepesertaan BPJS masih diproses, maka dibutuhkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial.

“Saya sedang menuju rumah sakit dan telah perintahkan anggota segera siapkan segala surat yang dibutuhkan. Semua harus lancar sebagaimana harapan bapak Wali Kota Irsan Efendi Nasution kepada kita,” kata Kadis Sosial Zufri Nasution.

IMG 20220228 WA0021

Demi kelancaran administrasi dan perobatan warganya yang sakit, meski hari libur, Dinas Kesehatan bersama Dinas Sosial dan RSUD Padang Sidempuan bersinergi dan bergerak cepat menanganinya. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)