Pemko Padangsidimpuan Peringati HUT Damkar, Satpol PP & Linmas

bbnewsmadina.com, Pemerintah Kota Padangsidimpuan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Pemadam Kebakaran (Damkar), HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Perlindungan Masyarakat (Linmas) tahun 2019.

Acara ini dilakukan dalam sebuah apel bersama yang digelar di Jalan Sudirman alaman Bolak Nadimpu Kota Padangsidimpuan, Rabu (27/3/2019) sekira pukul 08:55 WIB.

Peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Linmas ini mengambil tema “Peningkatan Ketentraman dan Ketertiban Umum Linmas Melalui Optimalisasi Peran Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Guna Mensukseskan Pemilu Serentak 2019”.

Apel bersama ini diikuti oleh ratusan peserta terdiri dari personil Satpol PP, Damkar, Linmas, TNI, Polri, Dishub,BPBD, Polres Kota Padangsidimpuan, Kodim 0212, OPD di lingkungan Pemko Padangsidimpuan, OKP, ORMAS, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Agama.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam apel bersama ini Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir. H. Arwin Siregar. MM dan Perwira Upacara adalah Kepala Satpol PP Kota Padangsidimpuan Arbiuddin Syahputra Hakim Harahap S.STP MM.

Amanat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang dibacakan Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution melalui Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir H Arwin Siregar MM, menyampaikan, Peringatan HUT Damkar, Sat Pol PP, Sat Linmas sebagaimana yang kita ketahui Hari ini tentu jangan hanya dijadikan Forum untuk mengenal Masa Lalu, akan tetapi lebih dari itu untuk meneruskan semangat Juang dan Dedikasi serta pengabdian kepada masyarakat.

IMG 20190325 WA0007

Peringatan HUT Damkar, Sat Pol PP, Sat Linmas untuk mengajak seluruh Bangsa Indonesia agar lebih meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa, Menjunjung Tinggi Ideologi Pancasila menjadi Sarana Pemersatu Bangsa.

Sebagaimana kita ketahui, Negara kita akan memasuki agenda nasional yang sangat penting yaitu menjadi Puncak Indikator Kualitas Penyelenggaraan Pesta Demokrasi Yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif tahun 2019, maka dari itu saya mengajak untuk menciptakan nuansa yang aman dan damai.

Saya meminta agar Damkar, Sat Pol PP, Sat Linmas harus dapat bertindak Pasif, Aktif dalam Proses Pembangunan serta melindungi Masyarakat dengan Tujuan Akhir Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat karena Peran penting Damkar, Sat Pol PP, Sat Linmas tercermin dari Tugas dan Tanggung Jawab satuan masing masing.

“Damkar, tercermin dari tugas melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, inspeksi dan investigasi kejadian kebakaran, termasuk di dalamnya memberdayakan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.”

“Satpol PP dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat agar dapat beraktifitas secara aman dan nyaman”.

“Satuan Linmas, secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketentraman ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu serta membantu upaya pertahanan negara.”

“Seluruh aparatur Pemerintahan mempunyai kewajiban untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif. Oleh itu seluruh aparatur Pemerintahan harus bersama-sama menjaga kualitas penyelenggaraan Pemilu ini agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, luber, jurdil serta bermartabat.”

IMG 20190127 WA0002

“Harus dipastikan agar semua pihak dan komponen bangsa ini mematuhi aturan dan berpolitik secara santun, sehingga proses demokrasi ini nantinya akan melahirkan Pemimpin Bangsa yang mengutamakan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara Indonesia tercinta.”

Pantauan bbnewsmadina.com di lapangan, peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Linmas juga dihadiri oleh Sekda Kota, Drs Zulfreddi, Sat Brimob, AKBP Bravo Sena, Wakapolres Kota, Kompol Matnur Dalimunthe, Kabag Ops Polres Kota Padangsidimpuan Kompol Aswat Tarigan, Kadis Damkar Kota, Padonna Lubis, Kakan Sat Pol PP Kota, Arbi, Mewakili Dandim 0212/TS, Kapten Inf Takbir, Dan Sup POM Padang Sidempuan Kapten Cpm Hutabahean bersama tamu undangan lainnya.

Apel bersama ini juga diisi dengan atraksi pertunjukan dan ketangkasan dalam aksi memadamkan kebakaran oleh Damkar, dan simulasi tekhnik memadamkan api secara manual yang dilakukan oleh tim Damkar Kota Padangsidimpuan.  (Ty)

IKLAN PAJAK

IMG 20181229 WA0003

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)