Pemprovsu Bahas Rencana Kerjasama Pengelolaan Sampah Dengan Investor Korea

bbnewsmadina.com, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah menyambut niat baik dan keinginan investor Korea untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dalam hal pengelolaan sampah di Daerah ini.

“Selama ini, kita belum mengelola sampah kita dengan cara yang tepat. Sementara sampah terus bertambah dan tempat pembuangan sampah semakin lama semakin menumpuk. Kita coba cari solusi melalui pertemuan dan diskusi hari ini, untuk percontohan kita coba diskusikan wilayah Deliserdang,” ujar Wagub Musa Rajekshah saat menerima rombongan investor Korea, di Ruang Kaharuddin Nasution Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Senin (15/10).

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck itu juga berharap, pertemuan tersebut tidak hanya sebatas membicarakan tentang pengelolaan sampah, tetapi juga berlanjut menghasilkan produk-produk yang bernilai guna kembali.

“Saya pernah baca, sampah diubah menjadi energi. Jika bapak/ibu bisa bantu dan menyarankan, kita pikirkan apa yang bisa kita hasilkan dari sampah-sampah kita ini”.

Kata Ijeck, sebagai salah satu Daerah industri dan banyak menghasilkan sampah, Kabupaten Deliserdang akan ditinjau langsung pengelolaan sampahnya oleh para investor untuk kemudian dibahas pengelolaan yang tepat. Jika berhasil, akan dipraktekkan di Daerah Sumut lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkugan Hidup Deliserdang Ir. Artini S Marpaung dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provsu Siti Bayu Nasution memaparkan tentang masalah sampah di daerah ini.

Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di Deliserdang. Berikutnya, akan diadakan pertemuan lanjutan membahas teknis kerjasama.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut rombongan investor Korea yang tergabung dalam HGNS cooperations, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Ir. Arief Sudarto Trinugroho MT, Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Setdaprovsu Drs. Basarin Yunus Tanjung MSi, mewakili Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provsu. (Zein Nasution)

 

 

 

 

 

 

 

 

iklan-pajak

 

iklan-kb

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)