Wawancara ekskulusif bersama Irsan Efendi Nasution, SH : “SANG PEMIMPIN YANG SANTUN DAN BERTANGAN DINGIN”

Irsan Efendi Nasution, SH
Irsan Efendi Nasution, SH

Padangsidimpuan-BBNews

Banyak kalangan di kota Padangsiimpuan, menilai tokoh muda Irsan Efendi Nasution, SH (Irsan), sebagai “Pemimpin yang santun dan bertangan dingin”. Penilain seperti itu tersimpul, setelah mereka melakukan penelusuran sekaligus membedah rekam jejak Irsan selama ini, yang dinilai termasuk fenomenal dan menakjubkan. Juga hal ini, sekaligus mereka kaitkan dalam pencarian vigour yang pas untuk memimpin Kota Salak kedepan dalam perhelatan Pilkada Serentak 2018 agar tidak salah pilih lagi. “Pemimpin kota Padangsidimpuan harus orang yang bersih, tangguh, mumpuni dan punya visi besar kedepan, untuk memajukan kota ini lebih modern dan masyarakatnya lebih sejahtera”-harap warganya.

Sebagai seorang Penulis, fenomena ketokohan seperti itu, tentu adalah merupakan hal yang seksi untuk dijadikan dalam ramuan sebuah tulisan. Ini himpunannya ditambah dengan rangkaian wawancara eksklusif dengan Irsan. Selamat mengikuti dibawah ini (Red) :

Memang, nyaris kata-kata kasar dan keras apalagi hardikan, hampir tak pernah terdengar terucap dari bibir yang bernama Irsan Efendi Nasution, SH (Irsan) dalam kiprah pergaulannya sehari-hari selama ini, begitu juga kata jorok dan meledak-ledak yang membuat orang terkejut badan atau mengundang anti pati terhadapnya. Pria kelahiran 24 April 1970 ini, terkenal dengan kesantunan, kesopanan dan keramahannya, mudah bergaul dan rendah hati serta selalu membela kawan, berfikir positif dan membantu sesama. Penampilannya selalu low profile dan egaliter, malah  mungkin sampai mendekati apa yang disebut dengan pribadi yang “tawadhuk”. Dan barangkali, hal itu pulalah yang membuatnya sangat disenangi dan dihormati teman-teman sejawatnya atau warganya yang ada di kota Padangsidimpuan.

“Kesantunan dan keramah tamahan, adalah budi pekerti warisan leluhur bangsa kita, apalagi dalam konteks cultur budaya kita Dalihan Natolu didaerah Tabagsel ini. Kita semua bersaudara dan berkerabat. Itu adalah nafas kehidupan yang menjadi jati diri warga kita dari zaman dahulu kala”- demikian penggalan kalimat Irsan yang membuat penulis sempat merenung sejenak.

Dibalik kesantunan itu, ternyata Irsan juga adalah typikal seorang pemimpin “bertangan dingin” yang mampu mengkelola dan mengurai persoalan sepelik apapun dengan ending yang sangat solutif. Malah, sering teman-teman disekitarnya melihat suatu persoalan yang muncul sudah diklasifikasi benang kusut atau yang “impossible” untuk dihadapi atau sudah kritis, namun Irsan tak pernah mundur dan menyerah, semuanya itu dihadapi dan dikelola Irsan dengan senyum dan kematangan, biasanya secara apik, taktis dan konstruktif dengan tangan dingin dalam koridor strategi proses yang baik dan benar, sehingga membuat teman-temanyanya terkagum-kagum, tersentak dan sekaligus angkat topi terhadapnya, setelah melihat hasil akhir terbaik yang terajud.

Potret Irsan yang disampaikan kepada Penulis seperti ini : “Bayangkan saja, selama 9 (sembilan) tahun atau 3 (tiga) priode, Irsan memimpin DPD KNPI Kab Tapanuli Selatan (2002-2010), betapa tingginya gegap-gempita dan gemuruhnya dinamika yang berkembang dan variable tantangan yang dihadapi organisasi tempat berhimpunnya dunia kepemudaan itu. KNPI sebagai salah satu laboratorium pengkaderan dan pembinaaan generasi muda yang menyiapkan para calon pemimpin bangsa kedepan, sekaligus turut bertanggung jawab dalam mengawal keutuhan NKRI serta terjaganya kamtibmas yang kondusif. Kesemuanya itu, faktanya tak terbantahkan, selama dibawah kepemimpinan Irsan yang selalu santun dan bertangan dingin itu, tak pernah didengar ada catatan munculnya gejolak maupun benturan antar organisasi pemuda yang sempat mengganggu stablitas atau meresahkan masyarakat. Tentu, disamping pembinaan generasi muda berjalan secara berjenjang dan berkelanjutan, juga upaya-upaya penciptaan situasi yang kondusif diwilayah Kab Tapanuli Selatan plus kota Padangsidimpuan agar tetap terjaga, selalu disinergikan Irsan bekerjasama dengan para OKP serta intansi pemangku keamanan terkait lainnya”, demikian penilaian banyak kalangan yang dirangkum penulis.

Ketua DPP Partai Golkar Rambey Kamarullah Zaman menyerahkan Baju Kuning kepada Ketua DPD Golkar Kota Padangsidimpuan (08/08)
Ketua DPP Partai Golkar Rambey Kamarullah Zaman menyerahkan Baju Kuning kepada Ketua DPD Golkar Kota Padangsidimpuan (08/08)

 

Lalu, Irsan yang telah tertempah dan teruji ketokohannya dalam dunia kepemudaan itu, pada 5 (lima) tahun terakir ini secara aklamasi dipercayakan pula untuk memimpin DPD Partai Golkar Kota Padangsidimpuan. Sebagaimana diketahui, dibawah kegeniusannya kepemimpinannya, organisasi berlambang beringin dengan jacket kuningnya itu kini semakin berkembang ditangannya. Irsan bersama dua orang kader lainnya, saat ini telah dipercaya warga menjadi anggota DPRD Kota Padangsidimpuan. Irsan disamping sebagai Ketua Fraksi juga dia dipercaya menjabat sebagai Ketua BKD (Badan Kehormatan daerah) DPRD Kota Padangsidimpuan. Dalam kiprah juangnya selaku anggota legislatif, Irsan terkenal sangat gigih membela dan vokal menyuarakan bila bersentuhan dengan kepentingan aspirasi warga kota Padangsidimpuan. Lalu, ditengah-tengah koleganya sesama anggota legislatif, Irsan termasuk yang disegani dan dihormati karena kedalaman dan ketajamannya dalam membedah dan mendiagnosis setiap topik bahasan yang diagendakan, oleh karenanya Irsan selalu dipercayakan untuk menjadi Ketua Pansus, Pokja atau pimpinan rapat-rapat lainnya.

“Saya tak pernah menempatkan seseorang, siapapun dia sebagai lawan apalagi musuh dimata saya. Dia saya anggap sebagai mitra yang saling melengkapi dalam kehidupan berdemokrasi, walaupun berbeda pendapat dalam banyak hal. Tidak ada ending baik setiap persoalan, bila dihadapi dengan temperamen tinggi atau emosional. Hidup adalah kekuatan rangkaian kata-kata yang bermartabat dengan bingkai dan nafas kesantunan” – tutur Irsan menggambarkan filosofi kehidupannya.

UPAYA PENJEGALAN

Menariknya lagi, dalam menghadapi perhelatan Pilkada Serentak 2018 dekat ini, berhubung Irsan termasuk tokoh pavorit yang digadang-gadang warga kota Padangsidimpuan agar maju menjadi Calon Walikota Padangsidimpuan, plus keberhasilannya membesarkan partai Golkar. Namun ironisnya, ada oknum-oknum tertentu dalam internal Partai Golkar, yang mencoba melakukan upaya-upaya penjegalan secara massif dan terstruktur terhadap Irsan agar tidak bisa maju menjadi calon. “Hampir semua warga kota sudah tahu itu, itu sudah rahasia umum selama sepuluh bulan terakhir ini , oknum-oknumnya pun siapa mereka kita tahu benar, sukanya hanya calon mereka yang boleh maju”- ujar beberapa tokoh masyarakat yang berdomisili dikota Salak itu.

Dalam menghadapi kondisi seperti itu, ternyata Irsan tidak emosional, dia tidak grusak-grusuk dan dia tidak melakukan perlawanan frontal. Karena bagi tokoh kita ini, semua perjalanan hidupnya telah digariskan Allah SWT. “Oleh karenanya, baik dalam memimpin Partai Golkar, menjadi anggota legislatif, dalam mengkelola usaha, maupun nanti bila Izin Allah SWT turut menjadi calon dan terpilih menjadi Walikota. Semuanya itu bagi saya, harus dijalankan dengan baik, disyukuri dan dianggap merupakan ibadah yang harus dipertanggung jawabkan dunia akhirat” – tegas Irsan.

Irsan Efendi Nasution, SH saat mendaftar Balon Walikota Padangsidimpuan di DPC PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan (08/08)
Irsan Efendi Nasution, SH saat mendaftar Balon Walikota Padangsidimpuan di DPC PDI Perjuangan Kota Padangsidimpuan (08/08)

 

Irsan selaku tokoh muda, memang telah menunjukkan kematangan dan kepiawaiannya dalam berpolitik. Dia tetap melaksanakan tugas-tugas pengabdian kepartaiannya dengan baik. Dia menjawabnya upaya penjegalan itu, dengan  melakukan konsolidasi serta mensolidkan barisan organisasi disemua jenjang, sayap organisasi, kader dan anggota yang ada di kota Padangsidimpuan, sembari dengan intens melakukan rapat-rapat koordinasi dengan jenjang partai diatasnya.

Alhamdulillah sebagai hasilnya, dengan gerbong kebersamaan yang dibangun Irsan selama ini, pada acara “Konsolidasi dan Diskusi Kepartaian serta Sosialisasi UU Pemilu” yang digelar Selasa siang (8/8) kemarin, di Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Padangsidimpuan, oleh Ketua DPP Partai Golkar Rambey Kamarullah Zaman, nampaknya telah membawa berkah serta mendapat dukungan penuh, bahwa Irsan tetap dipercaya untuk memimpin dan mengendalikan Partai Golkar Kota Padangsidimpuan kedepan. “Ucapan bravo dan salut memang pantas dan wajar disuguhkan terhadapnya atas prestasinya yang bermarwah dan luar biasa itu, lagi-lagi tentu tak terlepas dari kecerdasan, kesantunan serta tangan dingin yang dimilikinya”- ujar rekan Wartawan yang turut meliput kala itu.

Irsan memang terkenal sebagai pribadi yang ulet, gigih, berprinsip teguh, piawai dalam bertindak dan bersikap serta punya cita-cita dan impian besar untuk membangun kotanya Padangsidimpuan kearah yang lebih maju dan modern sehingga menjadikan warganya berkehidupan lebih sejahtera kedepan.”Cita-cita dan kewajiban kita seperti itu, warga kota tak boleh hidup dalam keterpurukan ekonomi yang berkepanjangan. Kita harus mampu memberikan motivasi serta menyediakan fasilitas-fasilitas mendasar yang bisa membuat perekonomian warga tumbuh dan berkembang serta terciptanya lapangan pekerjaan. Setiap warga harus bangga menjadi penduduk kota Padangsidimpuan. Dia harus merasa tuan dan memiliki kotanya sendiri. Itu komitmen dan prinsip yang harus kita bangun dan dilakukan siapun yang akan memimpin kota Salak ini kedepan. Ini harus menjadi skala prioritas”- ujar Irsan penuh harap.

Berkaitan dengan visi-misi yang akan ditawarkan Irsan terhadap warga kota Padangsidimpuan, bila telah memenuhi persyaratan serta mendapat restu dan dukungan luas dari warga untuk turut menjadi Calon Walikota Padangsidimpuan. “Insyaallah, saya akan membentuk team yang  bekerja melakukan kajian secara mendalam dan komprensif. Namun dalam menghadapi tantangan berat dan global ini, kita semua harus mampu memotivasi dan mengajak diri kita sendiri untuk merobah mainset bepikir kearah yang lebih maju dan bermartabat”- ucap Irsan mengakhiri. Semoga !!! (red)

Irsan Efendi Nasution, SH salam komando bersama Khoiruddin Nasution (Ketua Partai Demokrat Kota Padangsidimpuan)
Irsan Efendi Nasution, SH salam komando bersama Khoiruddin Nasution (Ketua Partai Demokrat Kota Padangsidimpuan)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)