Irsan Nasution ‘Adam Malik’ Kota Padangsidimpuan

Foto : INSAN pers dan aktifis LSM di Kota Padangsidimpuan menginginkan dan sangat mendukung Irsan Efendi Nasution untuk mengikuti jejak Adam Malik, mantan wartawan yang menjadi penentu di birokrasi pemerintahan.

 

bbnewsmadina.com, figur Irsan Efendi Nasution hampir mirip dengan Wakil Presiden RI ketiga, H Adam Malik. Dari rekam jejak dan kepribadian yang hampir sama sehingga harapan mewujudkan Kota Padangsidimpuan yang lebih baik bisa dilakukan pasangan Irsan-Arwin.

Hal ini terungkap dalam silaturahmi bakal calon walikota Padangsidimpuan dari jalur perseorangan dan didukung Partai Golkar dan Partai Demokrat, Irsan Efendi Nasution bersama seratusan orang insan Pers dan aktivis LSM di Kota Padangsidimpuan, Jumat malam (2/1) kemarin.

Bertempat di Cafe Bayu Sigiring-giring, insan pers dan aktifis LSM menginginkan Irsan Efendi Nasution mengikuti jejak Adam Malik Batubara yang merupakan seorang mantan wartawan dan menjadi Wakil Presiden ketiga Republik Indonesia, Adam Malik dan Irsan merupakan putra Mandailing.

“Perjalanan karir hidup Irsan sangat mirip dengan Adam Malik. Kita menginginkan sejarah itu terulang di Kota Padangsidimpuan,” kata Ali Akbar, Tony Siregar, Victor Sinaga, Amin Nasution dan Udin Penggabean dalam sambutan mewakili pers dan LSM.

Diceritakan, usai sekolah, Adam Malik menjadi pedagang di Pematangsiantar. Kemudian merantau ke Jakarta, menjadi seorang wartawan dan bersama teman-temannya mendirikan Kantor Berita ANTARA yang sekarang menjadi lembaga kantor berita milik negara.

Irsan juga memiliki perjalanan hidup yang hampir sama persis dengan Adam Malik. Semasih duduk di bangku SMA, ia sudah berjualan koran dan aktif menulis di berbagai media. Setelah menjadi wartawan, ia pernah menjabat sekretaris Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Selatan yang kini Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Kisah mirip lainnya ialah, selepas dari wartawan sama-sama memimpin pemuda. Adam Malik memimpin gerakan muda dan mewakili pemuda di Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) untuk menyiapkan susunan pemerintahan pasca kemerdekaan. Irsan tiga periode menjadi Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Adam Malik pernah memimpin partai politik dan kemudian menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari hasil Pemilihan Umum. Irsan juga menjadi Ketua Partai Golkar dan lewat Pilcaleg tahun 2014 kemarin terpilih menjadi anggota DPRD Kota Padangsidimpuan.

Tinggal satu jejak yang belum terikuti dan saat ini sedang berproses. Yakni menjadi bagian penentu kebijakan di birokrasi pemerintahan.

Adam Malik pernah menjadi pimpinan negara dengan jabatan sebagai Wakil Presiden. Sedangkan Irsan saat ini masih bakal calon Wali Kota Padangsidimpuan, yang akan berkontestasi di Pilkada serentak tahun 2018

“Kita dari kalangan insan pers dan aktivis LSM di Kota Padangsidimpuan, sangat mendukung Irsan mengikuti jejak Adam Malik Batubara. Yakni menjadi penentu di birokrasi pemerintahan,” tegas mereka.

Menanggapi ini, Irsan Efendi Nasution sangat berterimakasih dan terharu. Karena sama sekali tidak pernah membayangkan dirinya akan menerima dukungan dari pers dan LSM di Kota Padangsidimpuan. Apalagi sudah begitu lama ia meninggalkan aktifitas jurnalistik dan ‘dunia’ lapangan.

“Dukungan saudaraku semua semakin menyemangati kami bersama abangda Arwin Siregar untuk wujudkan kota yang berkarakter, bersih, aman sejahtera atau Sidimpuan BERSINAR,”ujar Irsan.(Redaksi/Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)