Ketua DPRD Sumut Minta Pemerintah Pusat Perbaiki Jalan Nasional di Sumatera Utara

jalan nasional, Sumatera Utara, perbaikan jalan, pemerintah pusat, Kementerian PUPR, Baskami Ginting, rusak parah, jalan rusak, ODOL, drainase, jalan provinsi, jalan kabupaten
Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting

bbnewmadina.com – Sumut – Ketua DPRD Sumatera Utara, Baskami Ginting, meminta perhatian pemerintah pusat untuk memperbaiki kondisi jalan nasional di Sumatera Utara.

Berdasarkan data Kementerian PUPR, total panjang jalan nasional di Sumatera Utara mencapai 2.632 km, dengan jalan provinsi sepanjang 3.048 km dan jalan kabupaten/kota sepanjang 27.552 km. Banyak jalan di Sumatera Utara yang rusak parah, seperti di Langkat, Karo, Labuhanbatu, dan Perbatasan Simalungun, sehingga butuh upaya ekstra untuk perbaikannya.

baca : Berkas Gerindra Sumatera Utara Lengkap dan Tepat, Teriakan Prabowo Presiden Bergema di KPU Sumut

Menurut Baskami, jalan nasional, provinsi, dan kabupaten kota yang rusak parah disebabkan oleh konstruksi yang tidak sesuai spesifikasi teknis, dilalui kendaraan truk yang kelebihan dimensi, serta pembangunan drainase yang tidak sempurna.

Ia juga menambahkan bahwa di Medan-Kabanjahe, banyak jalan rusak yang belum diperbaiki, bahkan yang sudah diperbaiki sebatas tambal-sulam. Baskami mengkhawatirkan kondisi jalan yang belum diperbaiki karena bisa membuat kondisi jalan semakin parah dan kritis.

Dalam data Kementerian PUPR, jalan nasional di Sumatera Utara terdiri dari 21 km (0,81 persen) jalan rusak berat dan 103 km (3,92 persen) jalan rusak ringan. Sementara itu, jalan provinsi terdiri dari 332 km (10,89 persen) jalan rusak berat dan 208 km (6,84 persen) jalan rusak ringan.

Sedangkan jalan kabupaten terdiri dari 9.933 km (36,05 persen) jalan rusak berat dan 4.226 km (15,34 persen) jalan rusak ringan.

Oleh karena itu, Baskami Ginting meminta Kementerian PUPR untuk memberikan perhatian khusus pada kondisi jalan di Sumatera Utara. (tim)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)