Mulyadi Hakim Nasution : Peralihan Blu STAIM ke YAYASAN

Panyabungan-BBNewsmadina.com

Dengan adanya PP 18 Tahun 2016, maka Pemerintah Daerah akan melepas Blu STAIM ke yayasan pada tahun 2017 nanti, keberadaan Blu STAIM tidak bisa dipertahankan lagi pendanaan dari APBD tentunya Pemerintah Daerah bersama masyarakat mengambil suatu jalan keluar untuk menyelamatkan Blu STAIM sebagai media pendidikan yang harus tetap exis di Kabupaten Mandailing Natal, dikatakan Ketua Komisi I DPRD Madina, Mulyadi Hakim Nasution kepada BBNews di Ruang kerjanya, Jum’at (21/10).

Mulyadi Hakim Nasution menjelaskan, beranjak dari PP 18 Tahun 2016, Pemerintah Daerah tidak lagi pada posisi untuk mendanai pendidikan yang berada di Blu STAIM, tetapi semangat pendidikan di Kabupaten Mandailing Natal, khususnya pendidikan di Blu STAIM itu sendiri sudah disahuti oleh beberapa Tokoh-Tokoh Kita yang ada di Jakarta, bahwa ada kesediaan dari beberapa Tokoh-Tokoh untuk mengambil ahli dan menjadi pengurus Yayasan sebagaimana yang diperlukan. Proses ini sedang berjalan kita harapakan pengambilan ahli ini secepatnya berlangsung sebelum masa anggaran tahun 2016 ini sudah bisa kelar, ujarnya.

“Dari pembicaraan dengan Pemerintahan Daerah sendiri bahwa Blu STAIM ini nanti akan di Ketua oleh Bapak Saut Usman Nasution, dan untuk kedepannya, bahwa Blu STAIM ini akan akan dibuat Universitas dimana dengan Fakultas yang ada sekarang tetap dipertahankan, Fakultas umum juga bisa ditambah. Terkait dengan lahan yang akan disediakan, pihak Pemerintah Daerah sudah memetakan ataupun menyediakan lahan-lahan yang akan diperlukan nantinya.”

Ditambahkan Mulyadi Hakim Nasution, “kita juga menekankan dari Komisi I bahwa poin-poin dari pada kesepakatan nantinya tentang Blu STAIM pindah ke Yayasan tidak akan merugikan daripada masyarakat Kabupaten Mandailing Natal khususnya, terkait dengan asset-aset yang ada di Blu STAIM, Pemerintah Daerah akan melakukan dengan system pinjam pakai, kita dari Komisi I tetap memonitoring dan melakukan koordinasi, dan sesuai dengan informasi yang kita terima dari STAIM bahwa Tokoh-Tokoh masyarakat kita seperti Saut Usman Nasution sebagai Ketua Yayasan akan menyanggupi dana-dana operasional yang ada di Blu STAIM nantinya,jelasnya.

“Kita harapkan di 2017 status Blu STAIM beralih keyayasan sudah kelar, sehingga nanti kedepannya STAIM ini terus berkembang dalam hal tingkat Pendidikan, mudah-mudahan peralihannya dapat berjalan lanjar dan sukses dengan tidak mengurangi hak-hak terutama dalam hak Pemerintah Daerah tentang aset-aset yang ada di Blu STAIM,” pungkasnya.

Dilain Tempat, Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam arahannya saat menghadiri acara wisuda Blu STAIM, Senin (24/10) kemarin, menjelaskan, tahun 2017 BLU STAIM akan dilepas menjadi Yayasan, Pelepasan BLU STAIM dari salah satu Unsur Satuan Unit Kerja Pemerintah Daerah merupakan konsekuensi dari diberlakukannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 tahun 2016 yang mengamanatkan urusan pendidikan tinggi bukan merupakan urusan Pemerintah Daerah lagi, dan diharapkan dibawah pimpinan yayasan nantinya, Perguruan Tinggi ini secepatnya akan menjadi Universitas Negeri di Kabupaten Mandailing Natal, paparnya.(davy)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)