Pemko Padang Sidempuan Sambut Kunjungan UEM

Wali Kota Padang Sidempuan
Pemko Padang Sidempuan saat menyambut kedatangan UEM, Jum’at (12/08/22). (Foto:Ty)

bbnewsmadina.com, Wali Kota Padang Sidempuan bersama Wakil Wali Kota sambut kedatangan pimpinan Gereja Anggota United Evangelical Mission (UEM) di pendopo Kantor Wali Kota, Jum’at (12/08/22).

Acara ini juga dihadiri oleh Wakapolres Padang Sidempuan, mewakili Dandim 0212/TS, dan para pimpinan OPD terkait.

Dimana tujuan kunjungan pimpinan gereja evangelical mission (UEM), Ephorus GKPA ini untuk memperkuat kebersamaan gereja dan merancang kerjasama dan kemitraan dalam membangun spritualitas dan mentalitas khususnya warga gereja dan masyarakat di Kota Padang Sidempuan, serta melihat keadaan dan bagaimana kerukunan umat beragama di Padang Sidempuan.

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution SH pada sambutannya mengucapkan selamat datang untuk para pimpinan gereja anggota UEM, atas kunjungannya di bumi Dalihan Natolu.

“Masyarakat Padang Sidempuan masih menjunjung tinggi toleransi umat beragama, yang mana warga Padang Sidempuan itu sendir terdiri dari berbagai macam suku dan agama,” ungkapnya.

Mengenai isu berubahan iklim yang di usung oleh EUM sendiri, Pemerintah Kota Padang Sidempuan berkomitmen akan menjaga bumi untuk anak cucu dimasa depan.

“Isu ini saya kira adalah isu yang sangat strategis dan akan menjadi tanggung jawab kita semua”, tandasnya.

Sedangkan Pdt. Marganti Gabe Panggabean selaku Ketua Panitia menyampaikan UEM karena diberi kesempatan menjadi tuan rumah, dimana yang tahun lalu dilaksanakan di Kota Salatiga.

Kami juga belajar tentang faham radikalisme, kami sepakat apapun agama kita adalah tugas kita untuk menyelamatkan lingkungan dan menyebarkan kedamaian, tambahnya.

Untuk kegiatan tahun 2022 ini diikuti 43 orang mulai dari Aceh, Kalimantan, Jawa, Jerman, Afrika dan ada 2 isu yang dibahas dalam kegiatan INTERFAITH WORKSHOP, INTERNARIONAL YOUTH FOR PEACE ini, yaitu : CLIMATE CHANGE AND RELIGIOUS RADICALISM (PERUBAHAN IKLIM DAN RADIKALISME AGAMA).

Sementara Wakil ketua FKUB Padang Sidempuan Sahat tua sinagaengucapkan selamat datang di Padang Sidempuan untuk para peserta dan Terimakasih atas kesempatan ini. Sebelumnya kami minta maaf karena ketua FKUB Kota Pada g Sidempuan tidak dapat berhadir dalam kegiatan ini.

“Hari ini kami sangat bangga karena kota Padang Sidempuan menjadi miniatur kerukunan umat beragama”, ujarnya.

Ditempat yang sama Sekretaris UEM Petrus Sugito pada pidatonya mengatakan bahwa UEM adalah lembaga keagamaan yang secara historis telah berumur lebih 200 tahun.

“Jadi lembaga ini merupakan persekutuan gereja di Asia Afrika dan Eropa, dan kami mempunyai misi bersama – sama untuk mengembangkan kemitraan loka karya, pengembangan SDM, pelayanan advokasi, pelayanan sosial, pengkabaran kabar baik utk persatuan,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan penanaman pohon di depan Kantor Wali Kota sebagai komitmen dalam melestarikan dan menjaga bumi untuk masa depan. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)