TINGKATKAN KESEHATAN PESERTA DIDIK, PEMERINTAH KOTA PADANG SIDEMPUAN GELAR AKSI BERGIZI

IMG 20230317 223003

bbnewsmadina.com, Kegiatan Aksi Bergizi digelar di SMP N 2 Padang Sidempuan pada hari Jum’at (17/03/2023).

Acara ini merupakan aksi perwujudan Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 03/KB/2022.HK.01/MENKES/1325/2022.,835 Tahun 2022., 119 – 5091.A Tahun 2022 tanggal 4 Agustus 2022 tentang Penyelenggaraan Peningkatan Status Kesehatan Peserta Didik. Kegiatan Aksi Bergizi diharapkan akan dilakukan setiap minggu di jenjang SMP dan SMA.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan di SMP N 2 Padang Sidempuan adalah senam bersama, sarapan bersama, minum tablet tambah darah khusus siswi kelas VII s/d IX.

IMG 20230317 223041

Selesai sarapan bersama, tim kesehatan akan melakukan pemeriksaan hemoglobin sekaligus penimbangan berat badan dan pengukuran tinggi badan khusus untuk siswi kelas VII.

Data-data dari pengukuran oleh tim kesehatan akan dimasukkan ke dalam aplikasi CERIA oleh siswi sendiri agar data terkirim secara online sebagai laporan ke Kementerian Kesehatan. Aplikasi CERIA ini ditujukan untuk siswa kelas VII s/d IX.

Ita Arbaiyah, SKM, M.Kes mengatakan dalam Aksi Bergizi ini adalah salah satu upaya untuk mencegah stunting dari hulu yang dimulai dari usia remaja. Kegiatan aksi bergizi ini utamanya adalah minum tablet tambah darah sekali seminggu sepanjang tahun untuk remaja putri.

“Siswi kita mengalami menstruasi setiap bulan sehingga sehingga lebih beresiko mengalami anemia, jadi siswi kita diberi tablet tambah darah setiap minggunya.”

“Diharapkan kepada tim pembina UKS untuk meneruskan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin sekolah setiap hari Jum’at.” Terang Kabid Kesmas

Dalam kegiatan ini siswa-siswi diberikan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) dan penyuluhan tentang gizi seimbang dan khusus siswi diberikan edukasi pentingnya tablet tambah darah bagi mereka. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)