Walikota : OPD Yang Tidak Bisa Selangkah Wujudkan Padangsidimpuan Bersinar Silahkan Keluar

bbnewsmadina.com, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengadakan pertemuan dengan seluruh insan pers yang meliputi Kepala Biro (Kabiro) media cetak, eletronik dan online yang ada di daerah Kota Padangsidimpuan, Kamis (8/11/2018).

Inti dari silaturrahmi yang dilaksanakan di aula Kantor Walikota tersebut menjelaskan langkah-langkah yang sedang dan akan ditempuh sepanjang 100 hari pertama kerja Walikota Irsan Efendi Nasution SH dan Wakil Walikota Padangsidimpuan H. Ir. Arwin Siregar yang dilantik pada 29 September 2018 lalu.

Pada pertemuan itu, Walikota juga tampak didampingi Kadis Komunikasi Informasi Islahuddin Nasution penggagas acara dan Kabag Humas Protokol Rahmat Irmansyah.

Dimana Walikota menyebut tujuan kegiatan ini adalah merajut silaturahmi, membangun sinergi dan lahirnya ide-ide baru dari insan pers serta menjelaskan program Pemerintah.

“Ada 14 program yang akan kami jalankan pada 100 hari pertama kerja ini. Saya mantan wartawan, mohon bantuan rekan media untuk mensosialisasikan langkah yang pihaknya telah berbuat ke depan, dan bagi siapa yang menghalang halangi program 100 hari kerja silahkan menyingkir” ujar Walikota.

Adapun program pertama lanjut Irsan yakni, penertipan penggunaan trotoar dan bahu jalan di kota Padangsidimpuan. Yang diawali dengan  mengubah wajah tiga gerbang masuk kota, dan penertiban daerah milik jalan yang selama ini dipakai masyarakat, yakni mulai dari Simirik di Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua ke Siborang, dari Goti Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara ke Siborang, dan dari Palopat Maria Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru ke pusat kota.

Kedua, melakukan operasi kasih sayang untuk menertibkan siswa yang berkeliaran di luar sekolah pada saat jam belajar. Ketiga, Meningkatkan disiplin berlalulintas dan perparkiran, khususnya di pusat kota.

Keempat, penertiban penyandang masalah sosial khususnya di sekitaran pusat kota. Kelima, melaksanakan gerakan Jum’at Bersih di setiap Kecamatan secara berkesinambungan. Yang mana sekarang ini sudah memasuki pekan ketiga.

Keenam, penertiban dan meningkatkan kebersihan pasar tradisional. Pasar Saroha di Padangmatinggi dan Pasar Dalihan Na Tolu di Sadabuan. Ketujuh, optimalisasi pengelolaan terminal, untuk program ini sedang dibuatkan Peraturan Wali Kota.

Program kedelapan, memungsikan semua lampu penerangan jalan umum (LPJU). Kesembilan, memungsikan traffic light, diawali dari yang tidak sedang proses hukum akibat dugaan korupsi melibatkan dua Kepala Dinas Perhubungan.

Kesepuluh, pembersihan daerah milik jalan dengan cara membabat rumput dan mengangkat sampah di saluran drainase. Kesebelas, mengoptimalisasi kebersihan lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). “Saya sudah instruksikan agar bangunan baru RSUD kita segera difungsikan,” jelas Irsan.

Selanjutnya program keduabelas, menata pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Thamrin dan Patrice Lumumba. “Konsepnya sedang kita bicarakan dengan segenap pihak terkait, termasuk para pedagang kaki lima. Tawaran kita direlokasi, namun masih dicari solusi lain,” terang Wali Kota.

Ketigabelas, meningkatkan pelayanan umum di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Langkah konsolidasi telah di awali dari kantor Sekretariat Daerah dan selanjutnya disinergikan dengan OPD. Dan pada poin ini Irsan mengungkapkan bagi OPD yang tidak bisa selangkah mewujudkan Padangsidimpuan Bersinar, karpet merah kami bentangkan, silahkan keluar,”tegasnya. 

Serta yang terakhir adalah menertibkan kawasan stadion HM Nurdin yang sebagiannya dikuasi pihak-pihak lain. Pemko akan melakukan langkah-langkah persuasif,”ucap walikota.

Lanjut Walikota, Semua program ini adalah akumulasi dari pikiran kami dan bang Arwin saat Pilkada. Sehingga masih melekat di pikiran kami, Insya Allah jika resikonya kami tidak populer gara-gara menerapkan program ini, kami siap.‎

Dalam sesi dialog, Walikota memberi satu penegasan tentang penggunaan produk asli daerah di berbagai kegiatan.

“Target kami, dalam dua tahun ini Padangsidimpuan sudah punya perusahaan daerah air mineral dalam kemasan,” tegas Irsan.

Ditambahkannya, pihaknya akan Buat laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah setiap 3 bulan sekali dan direncanakan akan lakukan jumpa pers atau sampaikan ke media/pers.

Utamakan produk – produk daerah dalam setiap kegiatan Pemerintahan serta pemko akan siapkan ruang publik, target diantaranya penyiapan tempat acara resepsi (Pesta) pernikahan ataupun acara yang menyerupai, “Pemko akan beli lahan secara bertahap,”ucap Irsan mengakhiri.(Ty)

 

 

 

 

 

 

IKLAN PAJAK

 

iklan KB

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)