Dukung UMKM Indonesia, Sekda Tapsel Hadiri Pembukaan KKI 2020 Seri III Secara Virtual

IMG 20200904 WA0001 1

 

IMG 20201120 WA0044

bbnewsmadina.com, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Selatan, Parulian Nasution dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Cabang Sibolga Aswin Kosotali, menyaksikan pembukaan Bank Indonesia (BI) yang kembali menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke-3 yang dilaksanakan pada 20-22 November.

Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 merupakan ajang kompetisi bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) se-Indonesia ini dibuka langsung secara virtual oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama Gubernur BI Perry Warjiyo di Rumah Gallery Tenun Tapsel, Jumat (20/11).

Dalam Pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri III, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengatakan, dalam situasi Covid-19, semangat untuk memajukan UMKM tidak boleh surut, akan tetapi harus semakin gencar, banyak inovasi dan semakin menarik. Perkembangan yang baik ini harus terus dimanfaatkan dengan sebaik – baiknya.

“Semua UMKM harus memperbaiki kualitas dari produk, packing, pelayanan serta harga agar tidak kalah saing dengan produk lainnya. Inilah yang menjadi kesempatan yang luas bagi kaum milenial dalam menciptakan lapangan kerja seluas – luasnya untuk mendorong perekonomian masyarakat,” katanya.

Disamping itu, kita juga selalu mendorong dan menciptakan budaya intrepreneur di kalangan anak muda, sebagai kekuatan perekonomian baru. Yang siap go global untuk membawa nama – nama produk Indonesia agar semakin di minati oleh pasar Internasional, mari kita cintai produk Indonesia, ajaknya.

“Selain itu juga mari sama – sama bergotong royong untuk mengembangkan produk Indonesia. Dengan membeli produk Indonesia dan bangga dalam menggunakan produk Indonesia,” pungkasnya.

Sedangkan Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, bahwasanya kegiatan ini mengutamakan tiga pilar yang perrama korporatisasi sebagai upaya untuk penguatan kelembagaan UMKM, yang kedua kapasitas UMKM dalam pencitraan nilai tambah termasuk melalui digitalisasi dan yang ketiga pembiayaan untuk perluasan akses keuangan UMKM.

Selanjutnya diakhir virtual, Sekda Tapsel Parulian Nasution memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Bank Indonesia yang sudah mengadakan Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2020 seri ke-3, secara virtual yang di buka oleh Ibu Iriana Joko Widodo.

“Dengan harapan kedepan akan muncul motivasi – motivasi baru, untuk membangun inovasi yang kreatif dan produktif. Sehingga kedepan Tapsel dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa kreatif dan promotif sehingga UMKM Tapsel bisa jaya kedepan,” harapnya.

Disamping itu, perkembangan yang baik ini, harus terus dimanfaatkan agar UMKM dapat meningkatkan kelasnya.”Kita harus menaikkan kualitas. Dan bagi generasi muda, kaum milenial harus mengetahui bahwa UMKM ini sangat menjanjikan. Apalagi dengan UMKM kesejahteraan masyarakat akan lebih meningkat, begitu juga dengan pengembangan objek wisata yang ada di Tapsel.

“Oleh karena itu, saya minta kepada Bank Indonesia mari terus saling merajut kebersamaan dengan Pemkab Tapsel agar tercipta masyarakat Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera,” katanya.

Sedangkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Sibolga Aswin Kosotali mengatakan, bahwa Bank Indonesia memiliki komitmen, khususnya di Tapsel agar terus bekerja untuk meningkatkan UMKM.

“Dalam meningkatkan UMKM Bank Indonesia berusaha untuk meningkatkan kapasitas, termasuk bagaimana kualitas peningkatan mutu, dan peningkatan pasar di era digital marketing. Dengan harapan UMKM yang ada di Tapsel bisa berkembang sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” pungkasnya.

Turut hadir pada acara virtual, Kadis Pariwisata Abdul Saftar Harahap, Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Ahmad Raja Nasution dan Kabag Humas dan Protokol Isnut Siregar. (Ty)

Tinggalkan Balasan

error

Enjoy this blog? Please spread the word :)